Sebut Proyek Sodetan Kali Ciliwung Mangkrak Era Ahok, Tatak Ujiyati: Justu Anies yang Mengalah

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung. (Twitter Jokowi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) era Anies Baswedan, Tatak Ujiyati membantah sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) mangkrak enam tahun era Anies.

Dia menjelaskan, pembangunan sodetan kali tersebut dimulai tahun 2013 silam.

Namun, pembangunan sodetan berhenti pada 2015 karena gugatan warga. Saat itu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kata dia melawan di pengadilan yang membuat pembangunan mangkrak.

“Ahok melawan di pengadilan, akhirnya pembangunan pun mangkrak,” ucap loyalis Anies ini dalam unggahannya di Twitter, Kamis, (26/1/2023).

Lanjut kata dia, pada 2019 Anies cabut kasasi, terima tuntutan warga. Hingga akhirnya proyek bisa jalan kembali 2021.

“Sengketa pembebasan tanah berjalan lama di pengadilan. Warga dan Pemprov DKI jaman Ahok tak ada yang mau kalah sehingga proyek sodetan mangkrak. Justru Anies yang mengalah dengan mencabut gugatan kasasi sehingga proyek bisa kembali jalan,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Setelah di hulu pemerintah membangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, di hilir pemerintah tengah menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

“Sebentar lagi akan selesai. Ini mungkin April insyaallah sudah selesai,” ujar Presiden dalam keterangannya usai meninjau langsung proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke KBT, Jakarta, Selasa (24/01/2023).

Presiden pun optimis proyek yang sempat terhenti selama enam tahun tersebut akan rampung tepat waktu. Menurut Presiden, masalah pembebasan lahan yang membuat proyek sodetan Kali Ciliwung terhenti sudah diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan