Survei SMRC: Ridwan Kamil Potensi Pecah Suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat

  • Bagikan
Ridwan Kamil resmi jadi kader Golkar. (Twitter Airlangga Hartarto)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Survei teranyar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menggerus dukungan publik pada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jabar.

Jabar sendiri merupakan salah satu basis suara Prabowo, hal itu terbukti pada pemilihan presiden (pilpres) 2014 dan 2019, Ketua Umum Gerindra itu dua kali menang di Jabar.

Survei SMRC pada Desember 2021, dukungan pada Prabowo di Jawa Barat sangat tinggi, 34,5 persen, sementara Ganjar hanya 13,8 persen, Anies 16 persen, dan Ridwan Kamil 17,4 persen. Satu tahun kemudian, Desember 2022, suara Prabowo menjadi 20,8 persen, Ganjar, 16,1 persen, Anies 22,5 persen, dan Ridwan Kamil 20,2 persen.

“Data ini menunjukkan Jawa Barat tidak solid pada satu tokoh. Jawa Barat terpecah (suaranya),” jelas pakar politik, Saiful Mujani Saiful.

Ridwan Kamil tidak cukup dominan di Jawa Barat. Jika Prabowo, Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar maju, di Jawa Barat pun Ridwan Kamil tidak bisa menang. Namun Saiful memberi catatan bahwa Ridwan Kamil bisa menghambat suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat.

Menurut Saiful, Ridwan Kamil memiliki nilai politik di Jawa Barat, setidaknya masuk tiga besar dalam persaingan Pilpres. Jika Ridwan Kamil, misalnya, berkampanye untuk tokoh lain di luar Prabowo dan Anies, hal itu potensial menggerus suara dua tokoh tersebut.

“Jika tiga tokoh ini bersaing, Prabowo, Anies, maupun Ridwan Kamil tidak bisa menang dominan,” jelas Saiful.
(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan