Sebut ASN Membebani Negara, Mendagri Tito Sarankan Gubernur Arahkan Pemuda Sulsel Jadi Pengusaha

  • Bagikan
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Menteri Dalam Negeri (mendagri), Tito Karnavian menyarankan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengarahkan pemuda di daerahnya jadi pengusaha.

Alih-alih menyarankn menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), mantan Kapolri itu menyebut ASN hanya membebani keuangan negara.

“Okelah memilih jadi anggota Polri, TNI. Tapi sebagian besar harus diarahkan jadi pengusaha sehingga membuka lapangan baru. Karena kalau rekrutmen terus memberatkan keuangan negara, ini besar sekali belanja pegawai," ungkapnya di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (27/1/2023).

Ungkapan Tito ini, berdasar pada data penggunaan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, yang dipaparkan saaat pengarahan Mendagri untuk penanganan pemulihan ekonomi dan inflasi yang dihadiri kepala daerah se-Sulsel.

Pada kesempatan itu, Tito memaparkan, belanja pegawai Sulsel pada 2023 Rp5,9 triliun. Jumlahnya 59,90 persen dari APBD yang senilai Rp9,9 triliun.

Diketahui, Tito Karnavian tiba di Makassar untuk menguji S3 di Universitas Hasanuddin. Ia ditunjuk sebagai salah satu penguji eksternal.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan