Kaesang Sampaikan Keinginan Terjun ke Dunia Politik, Jokowi: Saya Tidak Memengaruhi

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Instagram Ridwan Kamil)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengetahui keinginan putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk terjung ke dunia politik.

Jokowi mengaku, bahwa Kaesang sudah sempat menyampaikan keinginan itu secara pribadi kepadanya.

Jokowi yang juga mantan wali kota Surakarta dan gubernur DKI Jakarta itu memberi kebebasan kepada Kaesang.

"Sudah ngomong ke saya, tetapi saya selalu memberi kebebasan kepada mereka. Saya tidak memengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi kepada awak media selepas prosesi Kick-Off Keketuaan ASEAN 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1).

Jokowi menyatakan tidak akan ikut campur atas keputusan anak-anaknya terkait dunia politik, termasuk Kaesang, yang baru saja melangsungkan pernikahan dengan Erica Gudono pada 10 Desember 2022.

"Mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, memutuskan sendiri, dan saya enggak akan ikut-ikut," ujar Jokowi.

Keinginan Kaesang masuk dunia politik pertama kali diungkapkan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, pada Selasa (24/1).

Menurut Gibran yang juga menjabat Wali Kota Surakarta, keinginan itu disampaikan Kaesang saat Presiden Jokowi sedang pulang ke Solo.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan kepada kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran.

Pernyataan Gibran itu membuat partai-partai politik berduyun-duyun membukakan pintu lebar-lebar kepada Kaesang bila mana sang putra bungsu Presiden Jokowi serius dalam menunaikan keinginannya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan