Rumus Jadi Pengusaha Sukses Ala Andi Amran Sulaiman: Sedikit Kali Banyak

  • Bagikan
Andi Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Founder Tiran Group Andi Amran Sulaiman telah membuktikan proses tidak pernah mengkhianati hasil.

Ya kerja keras, semangat pantang menyerah, disertai doa dan restu orang tua, kini ia telah menggapai segalanya.

Para pelaku usaha pemula yang menjadi peserta Business Matching atau Temu Bisnis UMKM yang digagas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan AAS Foundation belajar banyak rumus sukses dari Andi Amran.

Menjunjung tinggi kejujuran, konsistensi, menjadi satu dengan kerja keras adalah sebuah keharusan. Mantan menteri pertanian itu berpesan, dalam berbisnis haram hukumnya berbuat curang.

"Usahakan keuntungan sedikit kali banyak, bukan banyak kali sedikit. Artinya untungnya kecil sehingga pelanggannya banyak. Orang senang, orang puas karena kualitasnya bagus. Untungnya kecil tapi dikali banyak akhirnya tetap untungnya banyak juga," jelasnya di AAS Building, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/1/2023).

Tapi alangkah lebih bagusnya lagi kalau banyak kali banyak. Untungnya banyak, pelanggannya pun banyak.

"Tapi saran saya kalau dari UMKM itu sedikit kali banyak aja dulu. Supaya prosesnya berasa," tandasnya.

Acara ini dihadiri 319 peserta dari 49 UMKM berbeda yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Dalam sesi 'BEBAAS: Bincang Bisnis Eksklusif AAS Foundation', Ketua Umum IKA Unhas ini memompa asa para pengusaha pemula, membantu langsung untuk memecahkan masalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM-nya.

"Tidak ada bisnis yang rugi. Kalau rugi itu kita tetap untung karena mendapat pembelajaran," tuturnya. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan