Surya Paloh Bangun Komunikasi dengan Golkar, Kamhar Lakumani Merespons Begini

  • Bagikan
Kamhar Lakumani. (Ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani angkat suara terkait Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh membuka peluang untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal tersebut disampaikan Surya Paloh saat dirinya beserta jajaran pengurus Partai NasDem berkunjung ke Kantor DPP Partai Golkar, pada Rabu (1/2/2023).

Menurut Kamhar, apa yang disampaikan Surya Paloh tersebut merupakan pernyataan diplomatis untuk mencarikan suasana sesaat.

“Ini salah satu upaya untuk mencairkan suasana,” kata Kamhar dalam keterangannya, Kamis, 2 Januari 2023.

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu juga tak terlalu mempermasalahkan soal kunjungan Partai NasDem ke Partai Golkar.

Menurut dia, hal tersebut sah-sah saja, sesama partai politik membangun komunikasi untuk kepentingan bangsa ke depannya.

“Politik senantiasa dinamis dan memiliki dinamika yang tinggi, karenanya membangun dan menjaga komunikasi lintas partai menjadi keniscayaan,” ucap dia.

Kamhar juga mengatakan Partai Demokrat tak mau berspekulasi lebih jauh terkait Partai NasDem membuka peluang untuk bergabung KIB.

Dia mengatakan bahwa saat ini Patai PKS, Demokrat dan NasDem tengah fokus untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang.

“Kami tak ingin berandai-andai. Saat ini kami fokus memantapkan kesepakatan yang telah terbangun di antara Partai Demokrat, Nasdem dan PKS untuk mengajukan Mas Anies sebagai Capres,” tutur Kamhar.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh lebih memilih bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ketimbang Ketum partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan seperti Partai Demokrat atau PKS.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan