Hukum Jadi Sektor Pembangunan Paling Lemah di Era Jokowi, Yusril Ihza Mahendra: Padahal Masalah Paling Fundamental

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra mengkritik payahnya pembangunan sektor hukum di masa pemerintahan Jokowi.

Melalui cuitannya di Twitter, Senin (6/2/2023), Pakar Hukum Tata Negara ini tanpa tedeng aling-aling menyebut keadilan makin menjauh di era Jokowi.

“Pembangunan yang paleng lemah pada masa pemerintahan Jokowi adalah sekor hukum. Keadilan dan kepastian hukum seperti makin menjauh. Padahal ini adalah masalah paling fundamental bagi sebuah negara,” ujarnya.

Padahal menurutnya, jika keadilan tidak ada, maka yang kuat akan terus menang, yang lemah akan tersingkir dan terabaikan. Ketidak puasa akan menumpuk.

“Ketidak adilan masalah pertanahan, ketika yang kuat selalu menang dan yang lemah (rakyat kecil) selalu kalah, maka kekecewaan akan semakin menjadi-jadi,” terangnya.

Jika itu terhadi, salah satu akibarnya pemilik modal dan pengusahan selalu diuntungkan, sementara hak-hak buruh makin diabaikan, maka demo dan protes akan terjadi di mana-mana.

“Keseimbangan dan keadilan bagi kedua pihak mutlak perlu dalam konsep dan aturan. Pemerintah mengawasi, menjaga dan menegor pihak yang salah,” bebernya.
(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan