LSI Denny JA Rilis Hasil Survei Elektabilitas Parpol, Ini Parpol dengan Elektabilitas di Atas 10 Persen

  • Bagikan
Ilustrasi Parpol

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil survei terbaru, terkait tingkat elektabilitas partai politik jelang pemilu 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, pemilu tinggal satu tahun lagi. Sejumlah parpol peserta pemilu mulai mempersiapkan para calon anggoa legislatifnya untuk bertarung meraih kursi di DPRD dan DPR RI.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan, dalam survei kali ini terdapat 4 kategori partai politik, yakni partai besar, menengah, kecil dan nol koma alias parpol gurem.

Hasilnya, untuk kategori partai besar ditempati tiga partai dengan angka elektabilitas tertinggi di atas 10 persen, Yaitu PDIP, Golkar dan Gerindra.

Yakni, PDIP masih di posisi teratas mendapat dukungan sebesar 22,7 persen, Golkar ada pada tempat kedua mendapat dukungan 13,8 persen, dan Gerindra ditempat ketiga mendapatkan dukungan 11,2 persen.

“Ketiga partai ini berpeluang untuk menjadi pemenang di pemilu 2024. Karena pemilu legislatif dan pemilu presiden terjadi secara serentak, partai yang mengajukan calon presiden paling populer berpeluang menjadi partai terbesar,” ujar Ardian dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Selasa (7/2).

Sementara itu, terdapat empat partai, selain PDIP, Golkar, Gerindra yang perolehannya melebihi parliamentary threshold 4 persen, yakni PKB, Demokrat, PKS, dan Nasdem.

“PKB mendapat dukungan sebesar 8 persen, Demokrat mendapat dukungan sebesar 5 persen, PKS mendapat dukungan sebesar 4,9 persen, dan Nasdem mendapat dukungan sebesar 4,4 persen,” imbuhnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan