Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Hujan deras dan angin kencang di Wilayah Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Hujan lebat disertai angin kencang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pagi tadi, Kamis (9/2/2023).

Kejadian ini mengakibatkan beberapa pohon tumbang di sejumlah ruas jalan Jakarta. Seperti, di Jalan Cut Meutia, Kebon Sirih, Menteng.

Sementara itu, di Jakarta Selatan terjadi di Jalan Bangka VIII, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dab di Jalan Taman Lebak Lubus II RT 001, RW 02 Lebak Bulus, Cilandak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan terjadi pohon tumbang pada pukul 11.30 WIB.

"Pohon tumbang di Cut Meutia sedang dalam penanganan petugas gabungan BPBD, Distamhut, Disgulkarmat, dan PPU Keluhan," tulis BPBD dalam keterangannya.

Walaupun tidak ada korban jiwa, sedikitnya ada satu unit kabel listrik yang terdampak pohon tumbang.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati telah mengingatkan cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia selama sepekan ke depan.

"Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," kata Dwikorita dalam keterangan persnya, Minggu (5/2/2023).

Dia menyebut ada tiga bibit siklon tropis tersebut masing-masing Bibit Siklon Tropis 94S, Bibit Siklon Tropis 95S, dan Bibit Siklon Tropis 97S.

Dwikorita menjelaskan Bibit Siklon Tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan