Anies Angkat Bicara Soal Janji Politiknya ke Prabowo, Sempat Ditawari Cawapres 2019

  • Bagikan
Perjanjian politik Anies dan Prabowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bakal capres Anies Baswedan angkat bicara soal janji politiknya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang beberapa waktu terakhir ini jadi perbincangan publik.

Anies menjelaskan, yang ia sampaikan pada 2017 silam, ketika mulai menjabat Gubernur DKI Jakarta, dirinya hanya ingin fokus di Jakarta selama lima tahun.

Karena waktu itu kata dia akan ada lagi Pilpres 2019. Sehingga Anies menegaskan tak akan menengok Pilpres.

“Sebenarnya sederhana saya sampaikan, pada waktu mulai bekerja, bahwa saya akan fokus di Jakarta 5 tahun. Sesudah Pilkada 2017, itu ada Pilpres 2019, jadi saya sampaikan, saya tidak akan tengok kanan kiri. Saya akan full 5 tahun di Jakarta. karena itu saya tidak akan mengikuti Pilpres,” ucapnya dalam kanal YouTube, Merry Riana, Jumat, (10/2/2023).

Hal itu kata dia sempat disampaikan dalam forum debat pertama calon gubernur. Dan itu lengkap dengan rekamannya.

Pada intinya Anies saat itu ia berkomitmen akan menuntaskan jabatannya selama lima tahun. Setelah lima tahun itu, ia bisa saja kembali mengajar atau meneruskan di pemerintahan.

“Kalau meneruskan di pemerintahan, apakah tetap di Jakarta, apakah untuk tugas yang berbeda. Jadi kita komit 5 tahun dan komitmen itu saya pegang,” tambahnya.

Lanjut dia bercerita, ketika tahun 2018, Anies mengaku diajak oleh Prabowo untuk menjadi wakilnya dalam Pilpres 2019.

Anies waktu itu menolak dengan baik karena mengaku akan menyelesaikan komitmennya sebagai Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun.

“Ketika tahun 2018, saya diajak untuk menjadi wakil pasangannya Pak Prabowo, saya sampaikan sudah kepada beliau, ’pak Prabowo, terima kasih atas undangannya, ini sebuah kehormatan, tetapi saya punya komitmen ya untuk menyelesaikan di Jakarta selama 5 tahun’. Jadi saya rasa itu dan memang kuncinya adalah menyelesaikan janji dengan warga Jakarta,” beber Mantan Mendikbud ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan