Tidak Boleh Rangkap Jabatan, Prof Ambo Asse Dikabarkan Bakal Mundur dari Rektor Unismuh?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel untuk masa jabatan 2022-2027, Prof Ambo Asse dikabarkan akan mundur dari jabatannya sebagai Rektor Unismuh Makassar.

Salah satu Tim Formatur 13 PWM Sulsel, mengungkap bahwa Prof Ambo disetujui menjadi Ketua dengan syarat mundur sebagai Rektor Unismuh untuk menghindari rangkap jabatan.

Kabar itu dibenarkan salah satu formatur terpilih Muktamar Muhammadiyah Sulsel, Prof Arifuddin Ahmad. "Iyye. Begitu tadi komitmen. Tapi, itu ranah PP Muhammadiyah karena beliau ditugaskan," ujar Guru besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar itu, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Minggu (4/3/2023).

Terpisah, Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel, Abdul Rachmat Noer, mengapresiasi kabar tersebut. Dia mengatakan, dengan mundurnya Ambo Asse sebagai Rektor Unismuh Makassar, diharapkan menjadi pengingat bagi seluruh warga Muhammadiyah.

"Kabarnya, terkait persyaratan tersebut Ambo Asse menyetujui dan akan menanggalkan jabatannya sebagai Rektor," ungkapnya.

"Kita patut menghargai sikap dan keputusan Ambo Asse yang akan mengundurkan diri sebagai Rektor Unismuh pasca penetapannya sebagai Ketua PWM Sulsel 2022-2027," tukas Rachmat.

Menurutnya, itu merupakan keteladan yang patut dicontoh di persyarikatan Muhammadiyah kepada semua pimpinan di semua tingkatan untuk fokus dalam mengurus Muhammadiyah.

"Dari sisi governansi organisasi, pemisahan jabatan di pimpinan persyarikatan dengan pimpinan amal usaha akan membuat mekanisme dan proses organisasi Muhammadiyah, dipastikan berjalan sebagaimana aturan Anggaran Dasar dan pedoman organisasi," tandasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan