Pembobolan data, seperti halnya masalah keamanan lainnya, harus dilihat sebagai risiko yang tidak dapat dihindari dan harus selalu dinilai serta dimitigasi," jelas Kaspersky dalam sebuah pernyataan.
Untuk menghindari risiko tersebut, Kaspersky menyarankan beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk menghindari risiko tersebut.
Misalnya, pengiriman pesanan ke tempat pengambilan barang dan bukan ke alamat rumah dan berhati-hati saat menandai formulir pemesanan.
Anda dapat mencegah alamat rumah dan nomor telepon disimpan secara default. Ini tidak berlaku untuk bisnis. Cara termudah adalah dengan membatasi akses karyawan ke database internal yang berisi data pribadi.
Lakukan tinjauan keamanan secara teratur dan pastikan Anda tidak menyimpan data pribadi yang tidak perlu. Ini berarti mengizinkan pelanggan untuk memilih apa yang mereka percayai dari perusahaan Anda dan apa yang harus dihapus segera setelah mereka menyelesaikan pesanan. (JPC)