Pidato di Surabaya, Anies Kenang Jasa Pahlawan dan Kesetaraan Keadilan

  • Bagikan
Bakal Capres Anies Baswedan hadiri Simfoni Kebangsaan di Surabaya, Jumat 18 Maret (foto: Facebook Anies Baswedan)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan menginjakkan kaki di Surabaya, Jawa Timur menghadiri kegiatan Simfoni Kebangsaan yang diinisiasi Partai NasDem, Jumat (17/3/2023).

Seperti biasanya saat berkunjung ke suatu daerah, Anies kerap menggunakan bahasa daerah setempat menyapa warga. "Iki Suroboyo, Rek!" seru Anies di laman Facebook-nya.

Anies menyinggung nama besar Surabaya sebagai kota pahlawan.

Ia mengatakan, di tanah ini, akhir Oktober-November tahun 1945 puluhan ribu keluarga mengirimkan anak mudanya untuk bertempur, lebih dari ribuan orang dimakamkan dan Surabaya menjadi harum oleh para pahlawan.

Mereka tak mati sia-sia, secara hitungan pertempuran mereka kalah, tetapi kita tidak kalah dalam peperangan, justru Surabaya mengirimkan pesan kepada dunia tentang keseriusan Indonesia untuk merdeka, yang merupakan keinginan setiap anak bangsa Indonesia.

"Dan menghadiri kegiatan Simfoni Kebangsaan ini kami menyaksikan dan merasakan kembali peristiwa bersejarah tersebut," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies mengaku terkesima dengan simfoni luar biasa, di mana Surabaya sebagai kota yang beragam memiliki suasana guyub, penuh persatuan dan kebersamaan.

"Kita ingin suasana itu dijaga dengan bersama mengikhtiarkan kesetaraan kesempatan dan keadilan. Insya Allah kita gelorakan bersama, Dari Surabaya, Dari Jawa Timur, Untuk Indonesia!" pungkas Anies. (Pram/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan