AS-Korsel Latihan Bersama, Kim Jong-un Pandu Latihan Simulasi Serangan Balik Nuklir

  • Bagikan
Pemimpin Korut Kim Jong Un. Foto: ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/wsj/djo

FAJAR.CO.ID, PYONGYANG -- Korea Utara (Korut) melakukan latihan yang mensimulasikan serangan balik nuklir taktis terhadap musuh-musuhnya selama akhir pekan. Hal ini disampaikan kantor berita pemerintah Korut (KCNA).

Latihan itu dilakukan saat Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) juga melakukan latihan militer tahunan gabungan mereka.

Pemimpin Korut Kim, Jong Un memandu latihan yang digelar pada Sabtu dan Minggu (18-19 Maret 2023), termasuk latihan peluncuran rudal balistik yang dirancang untuk memverifikasi pengoperasian perangkat kontrol ledakan nuklir dan detonator.

Beberapa foto yang dimuat oleh media pemerintah menunjukkan putrinya Ju Ae juga mengawasi latihan tersebut.

Kim Jong Un menekankan perlunya untuk membiarkan para personel terbiasa dengan situasi tak terduga, dan membuat mereka lebih siap dalam postur aktif mereka untuk melakukan serangan balik nuklir segera dan luar biasa kapan saja.

Kim mengemukakan orientasi pembangunan kekuatan nuklir yang penting dan tugas-tugas strategis yang harus dipenuhi dalam mempersiapkan kekuatan nuklir untuk perang.

Korsel dan AS menggelar latihan militer Freedom Shield yang dijadwalkan akan berlangsung hingga Kamis.

Latihan itu ditujukan untuk meningkatkan postur pertahanan mereka terhadap ancaman nuklir dan rudal Korut yang terus berkembang.

Korut mengatakan latihan pihaknya selama dua hari adalah bertujuan melawan latihan perang Korsel-AS untuk invasi.

Latihan Korut tersebut terdiri dari tiga bagian – latihan untuk mengelola sistem kontrol serangan nuklir, latihan aktual untuk beralih ke postur serangan balik, serta latihan untuk peluncuran rudal balistik taktis berujung dengan hulu ledak nuklir tiruan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan