Belanja Online Masyarakat Sulsel Melesat, Sepanjang 2022 Tembus Rp5,67 Triliun

  • Bagikan
Ilustrasi Belanja Online

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Tren berbelanja online nampaknya digandrungi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Data menunjukkan nominal transaksinya melesat.

Belanja online masyarakat Sulsel di e-commerce sepanjang 2022 menyentuh Rp5,67 triliun. Angka ini dinilai tinggi.

Hal itu disampaikan Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko, saat pembukaan Digital Festival 2023 di Hotel Claro Makassar, Senin (20/3/2023).

“Dari sisi ekonomi digital, nominal belanja e-commerce hingga September 2022 mencapai Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year,” jelas Rudy.

Rudy mengatakan, meningkatnya transaksi belanja e-commerce tak terlepas dari kolaborasi lintas stakeholder.

“Berbagai indikator menunjukkan bahwa transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang sangat pesat di Sulawesi Selatan; buah dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder,” terangnya.

BI sendiri, kata Rudy, hingga saat ini terus mendorong peningkatan literasi dan dan penggunaan pembayaran digital. Salah satunya dengan menghelat beberapa festival.

“Salah satu program flagship tahunan Bank Indonesia adalah Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dimana South Sulawesi Digital Festival merupakan rangkaian pre-event FEKDI yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang,” pungkasnya.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan