FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Akhir-akhir ini, demam industri hiburan Korea Selatan kian menjamur ke seluruh dunia. Beberapa grup pun seakan saling berlomba untuk menunjukkan keahlian dan eksistensi mereka.
Tapi untuk sampai di posisi itu, jalan yang mereka lalui tidaklah semudah itu.
EXO, BTS, dan Blackpink seakan membuka pintu untuk grup K-Pop lain untuk masuk ke kancah internasional. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Promosi
Suka tidak suka, salah satu hal ini menjadi faktor cepatnya suatu grup dikenal masyarakat luar termasuk di kancah internasional.
Kegiatan promosi yang aktif dan rutin serta terstruktur akan menimbulkan rasa penasaran dan tertarik dari orang-orang.
Konsep unik
Konsep yang unik dan berbeda dari negara lainnya juga menjadi pemicuh mengapa K-Pop lebih mudah di kenali di beberapa negara.
Setiap agensi seakan berlomba untuk mendebutkan grup baru dengan konsep yang unik dan berbeda.
Contohnya dari salah satu perusahaan SM Entertainment. Grup Aespa yang beranggotakan 4 orang wanita itu memulai debutnya dengan lagi instrumental yang unik sehingga memancing para khalayak terutama pakar musik untuk lebih mengenal mereka.
Lagu easy listening
Semakin mudah lagu itu diterima ditelinga khalayak, semakin cepat proses menyebarnya. Dan akan diputar secara terus-menerus oleh orang-orang.
Fandom
Perkumpulan fans suatu grup biasanya disebut fandom. Tanpa adanya fans, suatu grup K-Pop tidaklah berguna.
Mereka tidak bisa bertahan bahkan sampai dititik kancah internasional. Para fans biasanya tak berfikir banyak untuk membeli merchandise atau album grup favorit mereka.