Mahfud MD Angkat Suara Soal Penolakan Israel di Piala Dunia U-20, Sebut Israel Adalah Imprialis

  • Bagikan
Mahfud MD

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Menteri Koordinator, Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD angkat suara soal santernya tim Israel berlaga di Piala Dunia U-20.

Mahfud MD membenarkan, kini pemerintah berada dalam kebimbangan. Berada di dua pilihan yang sulit.

Nasib pesepakbolaan di tanah air menggantung. Tergantung kebijakan pemerintah.

“Yang benar, Indonesia takkan berdiplomasi dengan Israel selama Israel tak akui Palestina. Israel adalah imprialis,” ungkapnya, dikutip fajar.co.id dari cuitannya di Twitter, Senin (27/3/2023).

Di sisi lain, kata Mahfud, Indonesia juga mesti aktif dalam kegiatan FIFA. Salah satunya di Piala Dunia U-20. Apalagi, tahun ini Indonesia tuan rumah.

Karenanya, ia mengatakan pemerintah terus mencari jalan tengah dari persoalan itu.

“Tapi Indonesia berusaha aktif di FIFA. Indonesia kini sedang mencari penyelesaian dari dua tersebut, yakni, Indonesia tidak terima Israel tapi ikut aktif di FIFA. Masih terus diolah,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengukur efek domino jika Indonesia salah langkah dalam persoalan ini.

Bila ngotot tidak tidak setujui tim Israel menginjakkan tanah di Indonesia. Pesepakbolaan Indonesia disebut terancam dikucilkan.

Indonesia akan diganti jadi tuan rumah. Otomaris, tim Indonesia tidak akan berlaga di Piala Dunia U-20.

Untuk jangka panjangnya, sanksi selanjutnya bisa menyusul. Indonesia tak akan berlaga lagi di pehelatan akbar sepak bola tingkat dunia yang diadakan FIFA.
(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan