Danny Pomanto Ngotot Rel Elevated, Kedatangan Jokowi Jadi Sinyal Kelanjutan KA Sulsel

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pasar Tramo Maros. (ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Sulsel menjadi sinyal yang baik kelanjutan pembangunan kereta api (KA) ke depan. Khususnya rute ke Makassar.

Pemerintah pusat dan pemkot memang masih belum ketemu ihwal desain rel. Pusat hendak menerapkan rel bawah (at grade), namun pemkot menginginkan rel layang (elevated. Nah, tarik ulur ini diharapkan bisa selesai dengan kedatangan Jokowi.

"Saya sudah dapat sinyal, mudah-mudahan ada titik temulah Makassar dengan kepala balai yang baru," jelas Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat ditemui di Gedung Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Sulsel, Jl Pettarani, Makassar, Selasa, 28 Maret.

Dia mengaku sudah ada pembicaraan antara pemkot dengan konsultan terkait rancangan desain. Hanya saja dirinya masih menunggu undangan Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel yang baru untuk membicarakan masalah ini lebih lanjut.

Meski demikian ini menjadi sinyal yang baik, apalagi sudah ada perkembangan yang cukup signifikan, sebab sudah ada pembicaraan lebih lanjut terkait persoalan ini bersama BPKA.

"Jadi harus kepala balai yang undang kita terkait permintaan elevated yang akan diperlebar," ujarnya.

Dia mengklaim dalam pembahasan tersebut pihaknya membicarakan terkait rancangan skema elevated tersebut, salah satunya yaitu lebar rancangan elevated ini.

"Artinya rancangan kita untuk elevated itu, kan, lebarnya 16 meter, satu tiang 16 meter. Dia minta 26 atau 25," katanya.

Namun demikian, ini masih sebatas pembicaraan dan belum ada keputusan. Danny mengaku sudah cukup senang dengan adanya diskusi semacam ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan