Jawaban Cerdas Akmal Marhali, Bikin Novel Bakmukmin Tak Berkutik soal Piala Dunia U-20

  • Bagikan
Koordinator SOS, Akmal Marhali. (YouTube T10 TV)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Pengamat Sepak Bola Akmal Marhali membuat Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bakmukmin tak berkutik. Hal itu setelah mereka berdua beradu argumentasi soal keterlibatan Israel di Piala Dunia U-20.

Momen keduanya beradu argumentasi tersebut diketahui saat keduanya hadir dalam salah satu stasiun TV swasta. Cuplikan videonya tersebar di media sosial.

Video yang diterima fajar.co.id, Novel Bakmukmin menyoal keterangan pers Jokowi yang menjamin tim Israel bermain di Piala Dunia U-20. Di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

Menurut Novel, apa yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu berbahaya. Sama saja Indonesia mendukung pembunuhan.

“Ini sangat berbahaya, sama juga kita mendukung terorisme, mendukung pembunuhan,” tegasnya.

“Ini pengkhianatan terhadap negara, ini pengkhianatan terhadap Pancasila, ini pengkhiantan terhadap UUD 1945,” lanjut Novel.

Menjawab hal itu, Akmal mengutarakan argumentasinya dengan tenang. Ia bilang sepak bola punya aturan sendiri.

Belum lagi, penjegalan tim sepak bola Israel dinilainya keliru. Karena sebelumnya atlet Israel dalam cabang olahraga lain beberapa kali bertandang ke Indonesia

Ia pun menyinggung sebuah perhelatan yang digelar di Bali. Saat itu, delegasi Israel datang.

“Kalau mau bicara soal politik, yang tepat adalah di inter parlementary Junior kemarin. Itu paling pas, bukan di sepak bola,” jelasnya.

Belum lagi, jika bicara Islam, pelatih Palestina itu orang Israel, kemudian pemain Israel itu ada orang Islam. Kapten timnya pun orang Islam.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan