850 Pasukan Gabungan Dilepas Panglima TNI ke Papua

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Panglima Laksamana TNI Yudo Margono melepas 850 prajurit Satgas Pamtas RI-PNG gabungan Yonif 721/Makkasau Kodam XIV/Hsn dan Yonif 623/Bhakti Wira Utama Kodam VI/Mulawarman ke Papua pada Jumat (31/3/2023).

"Kita berada di dermaga Soekarno Hatta Kota Makassar untuk melepas prajurit yang bertugas pengamanan di Papua," ujar Yudo di dermaga Soekarno Hatta (31/3/2023).

Dikatakan Yudo, sebanyak 850 pasukan gabungan tersebut akan menggantikan petugas yang telah bertugas selama setahun sebelumnya di Papua.

"Mengganti prajurit yang sebelumnya sudah bertugas setahun," lanjutnya.

Selain melepas pasukan, Yudo juga melakukan pemeriksaan perlengkapan dan memastikan para pasukan dalam kondisi prima.

"Saya lepas, sekaligus cek perlengkapannya. Saya tahu mereka harus berangkat dalam kondisi yang prima dan juga perlengkapan yang lengkap sesuai keputusan dari Panglima TNI," tukasnya.

Diungkapkan Yudo, dirinya menekankan kepada prajurit, agar bertugas untuk membantu dan mengamankan masyarakat dari gangguan keamanan.

"Tentunya di sana membantu dengan komunikasi sosial. Mereka kan berada di daerah yang perkampungan," ucapnya.

Selain misi pengamanan, Yudo menuturkan pasukan gabungan juga akan membantu masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan, dan pertanian.

"Kita bawa peralatan obat-obatan dan juga buku-buku pelajaran dan bibit tanaman yang nanti untuk membantu masyarakat di sana," ujarnya. (Muhsin/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan