Meski Berpuasa Harus Tetap Olahraga, Ini Waktu yang Tepat

  • Bagikan
Ilustrasi.

FAJAR.CO.ID -- Meski Kamu sedang berpuasa, sebaiknya jangan melewatkan waktu olahraga. Olahraga akan membantumu tetap bugar dan sehat selama bulan ramadan ini.

Menurut tinjauan dr. Yusra Firdaus dari Hellosehat, olahraga di bulan ramadan menjadi kesempatan untuk Kamu membakar kalori lebih banyak loh!

Namun, tentu intensitas dan waktu olahraga berbeda dibandingkan hari-hari lainnya. Lalu, kapan waktu yang disarankan untuk berolahraga selama ramadan ini?

Perlu diketahui, pada saat perut kosong dan kekurangan cairan, olahraga bisa saja berdampak buruk untuk tubuh. Kamu mungkin akan mengalami keadaan lelah, lemas, pusing dan sebagainya. Dalam skenario terburuk bisa sebabkan cedera otot dan tingkatkan hormon stres kortisol.

Nah, untuk itu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Kamu berolahraga di waktu-waktu ini :

  1. Sebelum Berbuka

Sebelum berbuka puasa Kamu bisa berolahraga. Hal ini bertujuan untuk membakar lemak lebih banyak. Ini juga sangat bermanfaat jika Kamu hendak menurunkan berat badan saat ramadan ini.

Nyatanya, keadaan perut kosong membantu oembakaran lemak lebih baik. Usahakan untuk berolahraga dekat dengan waktu berbuka.

Saat Kamu kehabisan energi setelah olahraga, Kamu bisa mengisinya kembali saat berbuka. Untuk itulah olahraga sebelum berbuka menjadi waktu terbaik. Manfaat lainnya adalah waktu yang berdekatan itu tidak akan membuat Kamu mengalami kekurangan gula darah.

  1. Setelah Buka Puasa

Waktu terbaik berolahraga saat ramadan selanjutnya adalah setelah berbuka puasa. Setelah berbuka, Kamu bisa berolharaga dua hingga tiga jam.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan