FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menyiapkan serangkaian persiapan untuk layanan menghadapi "Peak Season" Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.
Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar menyampaikan, perusahaan telah mengupayakan layanan terbaik untuk para pengguna jasa di bulan Ramadhan dan jelang idul fitri tahun 2023 ini.
"Perusahaan telah mengoptimalkan layanan dengan menyiapkan fasilitas dan kru yang siap memberikan layanan jasa kapal dan jasa lainnya pada saat kondisi peak season atau padat penumpang dan barang jelang hari raya," kata Patrick dikutip fajar.co.id dari keterangan resmi, Kamis (6/4/2023).
Dia mengatakan, untuk mengoptimalkan layanan kepada konsumen, pihak SPJM meningkatkan kordinasi dan melakukan inspeksi minimal seminggu sebelum terjadi puncak kepadatan layanan di pelabuhan.
Dalam menyiapkan layanan kapal pandu dan kapal tunda bagi kapal yang akan tiba maupun berangkat, lanjut dia, terdapat dua operator yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim yang siap melayani di lapangan.
"Kedua operator perusahaan layanan kapal pandu dan tunda itu adalah PT Pelindo Marine Service dan PT Jasa Armada Indonesia," kata Patrick.
Menurut dia, dari kordinasi yang telah dilakukan dengan divisi terkait, baik fasilitas kapal maupun kru dilakukan pengecekan fisik untuk mengantipasi hal-hal yang dapat menghambat optimalisasi layanan. Hal itu dinilai penting untuk memastikan kondisi fisik kapal, termasuk peralatan yang digunakan harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.