Pahala Puasa Tidak Terlihat dan Tidak Terbatas Nilainya

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR --Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang menggelar buka puasa bersama di Ballroom Unifa-Nitro, Rabu (5/4/2023). Buka bersama tersebut dirangkaikan dengan tausiyah yang dibawakan oleh Ustaz Sabaruddin LC SPd MPd.

Dia menyampaikan tentang pahala puasa yang tidak ada batasannya. "Ibadah puasa itu tidak terlihat pahalanya dalam artian tidak terbatas. Sementara ibadah salat sudah tentu takaran pahalanya," katanya.

Pahala puasa tidak terlihat. Segala sesuatu yang tidak terlihat jelasnya merupakan hal yang dahsyat. Misalnya saja dahsyatnya atom, nuklir, dan lainnya.

"Pahala puasa tidak terlihat. Segala sesuatu yang tak terlihat itu sangat dahsyat, seperti kedahsyatan atom, nuklir, dan sebagainya," ujar lelaki yang juga merupakan wakil kepala sekolah Athirah ini.

Jika dibandingkan dengan salat yang sudah jelas pahalanya, puasa merupakan ibadah yang tidak terbatas nilainya.

"Salat jelas pahalanya. Tapi puasa adalah ibadah yang tidak ada nilainya, dalam artian tidak terbatas pahalanya," tekan Ustaz Sabaruddin.

Karena itu, menurutnya, puasa dikatakan sebagai ibadah unlimited, ibadah tanpa batas. "Makanya ada ibadah yang jelas, dan ibadah yang rahasia," bebernya.

Pada saat seseorang tidak mampu berpuasa karena sakit misalnya, dia tetap bisa berpuasa dalam bentuk lain yakni dengan membayar fidyah.

"Misalnya orang sakit, hamil, dan orang yang tidak diwajibkan berpuasa dia bisa berpuasa dalam bentuk lain yaitu membayar fidyah. Maka itu adalah jenis ibadah secara sosial karena mengajarkan seseorang bertakwa secara sosial," kata dia.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan