Yana Mulyana di OTT KPK, Begini Kronologi dan Kasusnya

  • Bagikan
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Bagus Ahmad Rizaldi/Antara)

FAJAR.CO.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.

Yana ditangkap karena terseret dalam kasus dugaan suap pengadaan kamera CCTV dan penyedia jasa internet dalam program Bandung Smart City.

Dalam OTT tersebut, Yana ditangkap bersama delapan orang yang lima di antaranya dinaikan statusnya menjadi tersangka setelah penyelidikan KPK.

Salah satunya CEO PT Citra Jelajah Informatika (Cifo), Sony Setiadi. Berdasarkan informasi yang tertera dalam situs resmi perusahaan, kantor PT Cifo beralamat di Jalan Mentor No 1, Kota Bandung.

Saat dikunjungi, kantor yang berupa rumah mewah dua lantai itu sepi dikarenakan hari libur.

“Enggak ada siapa-siapa. Kalau mau hari Senin saja ke sininya biar bisa dikonfirmasi langsung sama yang berwenang,” kata seorang petugas keamanan di lokasi, Minggu (16/4).

Sementara itu, salah seorang warga yang rumahnya tepat berada di depan perusahaan itu mengaku tidak menyangka jika Sony ikut ditangkap oleh KPK.

Sebab menurutnya, pada saat malam penangkapan, Jumat (14/4), Sony disebut sempat mengadakan kegiatan buka puasa bersama karyawannya.

“Enggak nyangka kalau memang dia ditangkap, pas malam itu dia masih ada agenda bukber di sini sama karyawannya,” ujar Kasnam.

Ia menuturkan saat agenda bukber berlangsung, banyak orang yang datang ke kantor Sony. Kegiatan bukber pun baru selesai sekitar pukul 21.00 WIB. “Ya pas malam itu ramai di situ. Jam 8 malam lah baru beresnya,” tuturnya.

Belakangan diketahui, seusai kegiatan bukber, Sony dicokok oleh KPK bersamaan dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Ada sembilan orang yang ditangkap saat mereka berada di rumah dinas Yana.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan JABAR.JPNN.COM. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari JABAR.JPNN.COM.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan