Preview AC Milan vs Inter Milan: Perang Kota

  • Bagikan
Latihan AC Milan/AC Milan FC

FAJAR.CO.ID, MILAN—Derby della Madonnina edisi 236 akan tersaji di leg pertama babak semifinal Liga Champions, dini hari nanti. AC Milan punya sejarah bagus dalam derbi di Liga Champions meski ogah disebut favorit.

UNTUK ketiga kalinya musuh sekota ini akan berduel di Liga Champions. Di dua pertemuan sebelumnya, AC Milan sukses mengungguli tetangga dekatnya.

Pada semifinal Liga Champions 2002/2003, Milan keluar sebagai pemenang berkat keunggulan gol tandang. Setelah bermain 0-0 sebagai tuan rumah, Milan menahan imbang Inter dengan skor 1-1 pada leg kedua untuk melenggang ke final.

Sementara di perempat final Liga Champions 2004/2005, Rossoneri, julukan Milan mampu menunjukkan dominasi. Mereka menang 2-0 dan 3-0 untuk lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 5-0.

Meski sejarah pertemuan di kompetisi Eropa memihak mereka, secara keseluruhan Inter lebih unggul head to head. Dari 235 Derby della Madonnina sebelumnya, Nerazzurri menang 87 kali berbanding 79 milik Milan.

Musim ini, kedua klub sudah bertemu tiga kali. Milan memenangkan pertemuan derbi pertama mereka dengan skor 3-2 di ajang Serie A September 2022 silam. Setelah itu, Inter menang 3-0 di Piala Super Italia di Januari serta 1-0 pada pertemuan kedua Serie A Februari lalu.

Makanya, tidak berlebihan jika Pelatih Milan, Stefano Pioli memilih menempatkan posisi anak asuhnya sebagai underdog di semifinal ini. "Inter adalah tim hebat. Saya rasa (kami) bukan favorit, tapi kami tidak peduli," kata Pioli di Football Italia.

Pioli mengatakan bahwa Milan punya DNA bagus setelah menjadi pemenang tujuh gelar Liga Champions. Menurutnya, itu menjadi kekuatan mereka menyongsong semifinal ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan