Ustaz Hanan Attaki Kembali Bersyahadat Saat Dibaiat Masuk NU, Warganet: Kesannya Kayak Mualaf

  • Bagikan
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar saat baiat NU Ustad Hanan Attaki di Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Kamis (11/05). (NOJ/ Moch Miftachur Rizki )

FAJAR.CO.ID, MALANG-- Pendakwah muda Ustaz Hanan Attaki telah secara resmi dibaiat masuk ke dalam Nahdlatul Ulama.

Momen ini terjadi bersamaan dengan acara Halalbihalal 1444 H Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Jawa Timur, Kamis (11/5/2023).

Adalah Ketua Umum Pengurus Wilayah NU Jatim, KH Marzuki Mustamar yang membimbing proses baiat Ustaz Hanan Attaki. Tampak Ustaz Hanan Attaki dibaiat masuk NU di hadapan para kiai dan jemaah, serta video prosesnya kini viral di media sosial.

Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @unikinfo_id, di mana terlihat Ustaz Hanan Attaki yang mengenakan pakaian putih dan peci hitam sudah duduk berjabat tangan dengan KH Marzuki Mustamar.

Namun ada yang sangat mencuri perhatian publik, pasalnya Ustaz Hanan Attaki terlihat dibimbing untuk membaca syahadat terlebih dahulu sebelum mulai membaca ikrarnya.

Tampak Ustaz Hanan Attaki mengikuti panduan KH Marzuki Mustamar, yakni mengawali baiat dengan bacaan basmalah.

"Asyhadu a la-ilaha – illallah. Wa asyhadu anna muhammadar rosulullah," begitulah yang diucapkan Ustaz Hanan Attaki, dikutip pada Jumat (12/5/2023).

Lalu setelahnya Ustaz Hanan Attaki membaca beberapa poin, termasuk siap mengikuti ajaran dari kalangan Ahlussunnah wal Jamaah, serta menerima sistem bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Namun, bacaan syahadat di awal proses baiat inilah yang menjadi perbincangan panas warganet.

"Baiat NU koq lucu yaa,, sampe syahadat ulang loh," komentar warganet.

"Kesan nya kaya mualaf," ujar warganet, lantaran membaca syahadat umumnya dilakukan saat seseorang akan berpindah keyakinan menjadi seorang muslim.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan WARTAEKONOMI.CO.ID. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari WARTAEKONOMI.CO.ID.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan