Perlintasan Liar Kereta Api, PT KAI Daop 1 Jakarta Tutup Delapan Titik

  • Bagikan
PT KAI Daop 1 Jakarta melaporkan telah melakukan penutupan perlintasan sebidang liar sebanyak delapan titik di perlintasan yang ada di area Daop 1 Jakarta. (PT KAI Daop 1 Jakarta)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Perlintasan kereta api terutama yang masuk kategori perlintasan liar dan kerap menjadi tempat kecelakaan, mulai disikapi serius oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Salah satunya dengan menutup perlintasan tersebut.

PT KAI Daop 1 Jakarta melaporkan telah melakukan penutupan perlintasan sebidang liar sebanyak delapan titik di perlintasan yang ada di area Daop 1 Jakarta. Penutupan itu dilakukan sejak awal Januari hingga Mei 2023.

Adapun 8 titik yang ditutup perlintasan liar itu ada di KM 26+100 antara Cakung-Bekasi, KM 41+2/3 antara Citayam – Bojonggede, KM 133+029 antara Tonjong Baru - Cilegon, KM 40+1/2 antara Citayam – Cibinong, KM 115+6/7 antara Serang – Karangantu, KM 115+7/8 antara Serang – Kangantu, KM 7+0/1 antara Ancol - Tanjung Priuk, dan di KM 12+400 antara Jatinegara – Bekasi.

"KAI Daop 1 Jakarta sangat menyayangkan dan mengecam adanya tindakan masyarakat yang kerap membuat perlintasan liar ataupun membongkar pagar pembatas di area jalur rel sehingga kerap menyebabkan kecelakaan," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu (14/5).

Eva mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pengendara agar tidak melakukan aktivitas apapun di sekitar jalur rel, termasuk tidak membuat perlintasan liar untuk melintas.

"Gunakan jalur perlintasan resmi serta mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang terpasang saat akan melalui perlintasan sebidang jalur rel KA," tegasnya.

Selain itu, Eva juga meminta agar para pengendara yang akan melalui perlintasan resmi jugaagar berhati-hati dengan tetap memperhatikan sisi kanan dan kiri saat akan melintas. Hal itu untuk meyakinkan tidak ada kereta api yang akan melewati perlintasan.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan JAWAPOS.COM. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari JAWAPOS.COM.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan