PKS Sulsel Beber Figur Potensial Cawapres Anies, Jawa Sentris Bukan Lagi Kunci Pemenangan Pilpres

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Politisi muda PKS Ismail Bahtiar punya pandangan khusus terkait kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Ismail menyampaikan saat ini telah mengurucut pada tiga poros yang akan menghasilkan jagoan masing-masing, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Prabowo Subianto dan ketiga Ganjar Pranowo.

Ismail menepis wacana yang berkembang bahwa Jawa sentris akan menjadi kunci kemenangan Pilpres. Menurutnya tiga tokoh yang digadang-gadang sebagai kandidat Capres ini semuanya berdarah Jawa.

"Sehingga menurut saya, sesungguhnya kunci kemenangan di Pilpres 2024 adalah yang menggandeng tokoh kawasan Indonesia Timur. Kita ada tokoh seperti Pak Syahrul Yasin Limpo, Andi Amran Sulaiman, Pak Sandiaga Uno dan beberapa tokoh lain," tutur pria asal Bone ini, dalam keterangannya, Senin, (15/5/2023).

Lebih jauh, Bacaleg PKS DPR RI Dapil Sulsel 2 itu menjelaskan bahwa basis Anies, Prabowo dan Ganjar semua terpusat di Jawa, lalu bila mengincar kandidat Cawapres juga berasal dari Jawa kekuatan untuk menang Pilpres agak berat.

"Perlu diketahui bahwa momen-momen politik nasional di Indonesia banyak juga dipengaruhi oleh tokoh dari kawasan Indonesia Timur, contoh paling konkret adalah Pak Jusuf Kalla, beliau dua kali jadi Cawapres dengan Capres yang berbeda bisa memenangkan pertarungan Pilpres," jelas Ismail.

Anggota DPRD Susel itu menyampaikan bahwa Sulsel secara khusus dan Pulau Sulawesi secara umum tidak pernah kehabisan tokoh untuk dipinang sebagai Cawapres.

"Ketokohan Pak SYL yang berkarir dari bawah dan sekarang jabat Menteri Pertanian, apalagi yang kita ragukan. Pak Sandi dengan kemampuan beliau saat ini membenahi dunia pariwisata kita, termasuk Pak Andi Amran kan, beliau tokoh kawasan Indonesia Timur yang punya kemampuan leadership yang kuat," ungkap politisi asal Bone ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan