Jokowi Paling Andalkan Luhut Panjaitan, Tugas Terbaru Tangani Masalah Tanah di IKN

  • Bagikan
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampaknya paling mengandalkan Luhut Binsar Pandjaitan di kabinetnya dengan berbagai tugas khusus. Terbaru, Jokowi menugaskan khusus Luhut Pandjaitan menangani masalah-masalah tanah dan investasi di IKN Nusantara.

Presiden memberi tugas kepada Luhut Binsar Pandjaitan sebagai  ketua satuan tugas khusus untuk mempercepat realisasi investasi di IKN Nusantara. Kerjanya akan mengkoordinasikan tugas dan peran antar-kementerian dan lembaga terkait percepatan investasi di ibukota negara yang baru.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dalam keterangannya di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/5) mengatakan, pemerintah membentuk satuan tugas khusus atau tim task force untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang pertanahan. Sebelum ditawarkan kepada investor, semua status tanah harus diselesaikan masalahnya.

"Dibentuk satuan tugas khusus untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang pertanahan. Kita ingin bidang pertanahan ini segala sesuatunya clean and clear. Pemerintah akan menawarkan kepada investor berupa tanah-tanah yang sudah matang dan diketahui harganya," ungkap Bambang.

Setelah semua status tanah yang akan ditawarkan bersifat clean dan clear, para investor dapat langsung menghitung berdasarkan kondisi topografi, geologi, akses dan lain sebagainya dalam rencana bisnis. Jadi ketika akan berdialog dengan kami, akan berdiskusi tentang harga yang paling baik tentu akan dilandasi data-data," imbuhnya.

Beberapa proyek yang sudah siap dilaksanakan, ungkap Bambang Susantono, segera diumumkan ke publik. Proyek yang siap antara lain fasilitas rumah sakit internasional dan fasilitas pendidikan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan