Penanganan Stunting di Makassar, Perlu Edukasi Pentingnya Makanan Bergizi untuk Anak

  • Bagikan
Dok.FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Salah satu masalah kesehatan umum yang terjadi pada anak adalah stunting. Stunting merupakan anak gagal bertumbuh karena kurangnya gizi yang dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak dan metabolisme serta pertumbuhan fisik anak.

Untuk mencegah hal ini terjadi diperlukan kerja sama antara Puskesmas, Posyandu, Dinas Kesehatan setempat serta para orang tua untuk mencegah terjadinya stunting ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin mengimbau kepada petugas puskesmas untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya makanan bergizi pada anak.

"Kami menghimbau kepetugas puskesmas untuk memberitahu ke masayarakat tentang pentingnya makanan bergizi," katanya pada Selasa (16/5/2023).

Dia melanjutkan, jika stunting ini disebabkan oleh pola asuh yang salah dari orang tua serta pemberian makanan yang tidak bergizi yang mengakibatkan asupan gizi untuk anak ini tidak terpenuhi.

"Saya sangat berharap pemimpin di wilayah kelurahan untuk bagaimana caranya berkolaborasi. Kita mengedukasi agar ibu-ibu mau membawa anaknya ke posyandu," harapnya.

Anggota Komisi D, Yeni Rahman turut berkomentar terkait stunting ini. Dirinya menyoroti posyandu sebagai faskes terdekat masyarakat tidak diberikan dana khusus untuk mengurangi stunting ini.

Sedangkan, saat ini menurutnya masih banyak tenaga kesehatan yang bekerja namun belum diberi uoah yang layak.

"Kenapa Posyandu tidak diberikan dana khusus?Mereka kerja tanpa nilai yang sesuai dengan pekerjaannya. (Dana) memang terkait ini tidak ada anggaran dan tidak ada regulasinya," katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan