Targetkan Punya Empat Kapal Pinisi, Danny Pomanto: Makassar Pemda Pertama yang Punya Ikon Sejarah Dunia

  • Bagikan
Prosesi pemotongan lunas Kapal Pinisi yang dihadiri Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (Foto: Istimewa)

FAJAR.CO.ID ,MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto berencana menambahkan dua Kapal Pinisi tahun depan. Setelah dua Kapal Pinisi yang ditargetkan selesai dibuat tahun ini rampung.

Pernyataan itu disampaikan Danny saat memantau progres pembuatan dua Kapal Pinisi. Sekaligus menyaksikan prosesi Pemotongan lunas kapal di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Kamis, (18/05/2023).

Pemotongan dilakukan pada bagian depan dan belakang kapal. Sebelum dilakukan, beberapa tokoh masyarakat dan pemuka agama memanjatkan doa.

"Alhamdulillah hari ini sudah selesai prosesi pemotongan lunas yang merupakan salah satu bagian proses dalam pembuatan Kapal Pinisi. Itu menjadi salah satu tahapan awal pembuatan Pinisi," ungkap Danny Pomanto usai siang tadi.

Danny mengatakan pihaknya antusias membangun dua kapal ini. Bahkan merencanakan membuat dua unit lagi tahun depan. Satu akan ditempatkan di Sungai Tallo dan satunya lagi di Jeneberang.

"Saya meminta Dinas Pariwisata membuat dua kapal lagi untuk dua sungai, Tallo dan Jeneberang. Jadi ini menjadi pelajaran, atraksi budaya, wisata dan ini menjadi atraksi sejarah kita," janjinya.

Jika itu terlaksana, total terdapat empat Kapal Pinisi. Dengan begitu, kata dia, Makassar menjadi Pemda pertama di Indonesia yang memiliki ikon sejarah dunia itu.

Diketahui, kedua kapal yang sementara dikerjakan akan dipamerkan pada 5-8 Juni nanti. Saat Makassar menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Pada kesempatan itu, akan ada perwakilan 50 negara. Mereka akan diarahkan untuk melihat langsung pembuatan Kapal Pinisi. (Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan