Beredar Video Panglima Laksamana Yudo Margono Dukung Anies Capres, Mabes TNI Tak Tinggal Diam

  • Bagikan
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Mabes TNI akhirnya bereaksi atas beredarnya video berdurasi 8 menit dan 2 detik yang dibubuhi narasi kegiatan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama ribuan prajurit mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

TNI lantas mengambil langkah tegas kepada pelaku pembuat dan penyebaran hoax serta memberikan ultimatum agar pelaku segera meminta maaf secara terbuka.

"TNI meminta kepada pihak MI (Menara Istana) selaku pemilik produk video, segera menjelaskan kepada publik dan menyampaikan permohonan maaf kepada TNI dan publik," kata Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

Selain itu, TNI juga mendesak video tersebut segera digapus. Pasalnya dipastikan bermuatan hoax.

Video ini diunggah oleh akun Youtube Menara Istana (MI) berjudul 'dipimpin Langsung Panglima yudo margono !! ribuan TNI resmi deklarasi Anies presiden 2024'.

Dalam video itu terlihat banyak potongan video yang disusun sedemikian rupa. Potongan itu meliputi kegiatan Anies bersama satuan TNI, lalu ada potongan video Panglima TNI sedang memimpin apel ribuan TNI.

Video-video ini dibubuhi narasi dari seorang anggota TNI yang memakai masker dan seolah-olah menyatakan dukungan kepada Anies bersama ribuan prajurit lainnya.

"TNI menyatakan dengan pasti bahwa video tersebut adalah tidak benar atau hoax," tulis TNI melalui keterangan resminya, Kamis (18/5).

Peristiwa yang sesungguhnya terjadi adalah video itu menampilkan kegiatan olahraga Anies Baswedan di Markas Kopassus pada 9 November 2019. Ketika itu Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan