Fadel Muhammad Bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ini Pesan Ngarso Dalem untuk Bangsa

  • Bagikan
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta, Senin (22/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad membawa sejumlah pesan penting dari Sri Sultan Hamengkubuwono X saat keduanya bertemu di Kantor Gubernur DIY, Senin (25/5) siang.

Pertemuan dengan Ngarso Dalem (sebutan untuk Sri Sultan HB X) merupakan salah satu agenda kunjungan kerja pimpinan MPR dari DPD RI itu ke Yogyakarta.

Saat melakukan pertemuan empat mata, Fadel Muhammad sempat menyerahkan sebuah bingkai foto besar kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Bingkai besar itu merupakan foto Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istri GKR Hemas yang diapit Fadel Muhammad dan istri Hana Hasanah Shahab. Dalam foto itu, keempatnya mengenakan pakaian adat.

"Ini foto ketika Ngarso Dalem berkunjung ke Gorontalo, sekitar tahun 2007," jelas Fadel Muhammad kepada Sri Sultan ketika menyerahkan foto berbingkai besar tersebut.

Saat itu, Fadel Muhammad masih menjabat sebagai Gubernur Gorontalo. "Waktu itu sedang ramai-ramainya calon presiden. Ngarso Dalem disebut-sebut dalam bursa capres dan cawapres," gurau Fadel Muhammad.

"Ah, bukan saya," jawab Sri Sultan menimpali gurauan Fadel Muhammad.

Selama kurang lebih satu setengah jam keduanya melakukan pertemuan empat mata. "Kami ngobrol-ngobrol, cerita-cerita masa lalu, waktu saya menjadi Gubernur Gorontalo," kata Fadel Muhammad seusai melakukan pertemuan tertutup.

Fadel Muhammad menjadi Gubernur Gorontalo selama dua periode (2001-2006 dan 2006-2011). Fadel Muhammad juga mengungkapkan pertemuan dengan Sri Sultan membahas tentang masalah-masalah kebangsaan dan masalah-masalah pembangunan daerah. "Kami juga membicarakan masalah nasional dan pembangunan daerah," ungkapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan