TikTok dan Instagram Lewat, YouTube Jadi Aplikasi dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia

  • Bagikan
ILUSTRASI. Media sosial

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai angka 78,19 persen tahun 2023 ini. Artinya nilai ini sama dengan 215.626.156 pengguna. 

Dilansir dari situs resminya, Ketua Umum APJII Muhammad Arif menyebutkan angka ini mengalami kenaikan sebanyak 1,17 persen dari tahun lalu. Dia menyebutkan hal ini didorong oleh penggunaan internet yang telah menjadi kebutuhan hari ini.

"Peningkatan penetrasi ini masih didorong oleh penggunaan internet yang kian jadi kebutuhan masyarakat, khususnya semenjak pandemi Covid-19 pada 2020," katanya dikutip Senin (22/5/2023).

Lalu apa aplikasi apa yang paling sering di buka oleh pengguna di Indonesia? 

Ternyata aplikasi yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia bukanlah Instagram atau Tik Tok melainkan aplikasi YouTube. Dalam survei ini, YouTube memiliki presentase 65,41 persen naik 2,39 persen dari tahun 2022. 

Posisi kedua diisi oleh Facebook yang meraup presentase 60,24 persen. Meski berada di posisi kedua, nyatanya aplikasi milik perusahaan Meta ini sebenarnya mengalami penurunan pemakai hingga 8,12 persen dari tahun lalu. 

Posisi ketiga dipegang oleh aplikasi berbagi gambar dan video Instagram dengan presentasi setengahnya yakni 30,51 persen. Kemudian, disusul TikTok dengan 26,80 persen. 

Adapula pengguna internet lainnya menggunakan aplikasi WhatsApp sebesar 1,57 persen, Twitter 0,i1 persen, Snack Video 0,17 persen, LinkdIn 0,06 persen, Google 0,03 persen. 

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan