Dalam penelitiannya, Arfah menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti memanfaatkan panduan wawancara, observasi, serta analisis dokumen sebagai instrumen yang efektif.
Temuan Penelitian
Hasil penelitian Arfah menunjukkan bahwa terdapat fungsi-fungsi manajemen pendidikan Islam yang sangat penting dalam pengelolaan mutu pembelajaran di PPS Unismuh Makassar. Fungsi-fungsi tersebut mencakup perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, penyusunan personalia/penempatan yang efektif, pengarahan yang tepat, dan pengawasan yang ketat.
Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pengelolaan mutu pembelajaran di PPS Unismuh Makassar dilakukan melalui desain pembelajaran yang inovatif, proses pembelajaran yang interaktif, dan evaluasi pembelajaran yang komprehensif.
Dalam konteks capaian standar, penelitian ini menyoroti bahwa pembelajaran di PPS Unismuh Makassar mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar isi pembelajaran dititikberatkan pada kedalaman dan keluasan materi pembelajaran yang sesuai dengan setiap program pendidikan, berdasarkan deskripsi capaian pembelajaran lulusan.
Sementara itu, standar proses pembelajaran melibatkan pelaksanaan pembelajaran di program studi untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan.
Dengan hasil penelitiannya yang mengesankan, M. Arfah Bas’ha telah memberikan kontribusi besar dalam bidang pengelolaan mutu pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Makassar. Temuan-temuannya diharapkan dapat menjadi pedoman dan inspirasi bagi pengembangan pendidikan Islam yang berkualitas di perguruan tinggi.