Bahlil Ajak Pengusaha Amerika Serikat Investasi di Indonesia

  • Bagikan
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia

Lanjut Rosan berharap investasi yang masuk ke Indonesia dapat memberikan penguatan secara berkelanjutan bagi pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan rantai pasok regional di sektor kesehatan, pangan serta energi.

Terlebih, diperlukan pula investasi untuk mendukung keberlanjutan komitmen pemerintah dalam penanganan dan penyediaan solusi terkait iklim global.

Selain itu, investasi untuk mendorong pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Sebagai negara besar Indonesia memegang peranan penting di dunia. Banyak investor asing tertarik menanamkan modalnya di Indonesia,” ucap Rosan.

Adapun Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia. Pada tahun 2022, nilai investasi AS di Indonesia mencapai 2,12 miliar dollar AS.

Berdasarkan sektor, investasi AS terbesar di sektor pertambangan, lalu industri kimia dan farmasi, serta industri karet dan plastik. Secara wilayah, investasi AS paling banyak di Jawa Timur dan Papua.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan