Hendak Kelabui Petugas, Edan! Sabu-sabu Disembunyikan dalam Mushaf Alquran

  • Bagikan
Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Jatim

FAJAR.CO.ID -- Narkotika jenis sabu-sabu berusaha diselundupkan dalam lapas. Mirisnya, barang haram itu dibawa pengunjung dengan cara disembunyikan dalam Mushaf Alquran. Beruntung upaya itu berhasil digagalkan petugas Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Madiun, Jawa Timur.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari, mengatakan penyelundupan tersebut diketahui petugas penitipan barang di Lapas Pemuda Madiun saat memeriksa barang bawaan pengunjung seorang perempuan berinisial PWG.

"Kejadiannya hari Selasa ini sekitar pukul 09.30 WIB di Ruang Pelayanan Terpadu Lapas Pemuda Madiun. Narkoba jenis sabu dengan berat 14,98 gram berusaha diselundupkan ke dalam lapas dengan cara diselipkan dalam Mushaf Alquran," ujar Imam Jauhari, dalam keterangan tertulis yang diterima di Madiun, dikutip dari Antara Selasa (23/5).

Ia menjelaskan, pengungkapan upaya penyelundupan narkoba itu bermula dari kecurigaan petugas lapas yang dipimpin Kalapas Ardian Nova Christiawan. Petugas curiga dengan barang titipan yang dibawa pelaku.

"PWG membawa beberapa makanan dan sebuah kitab, yakni Mushaf Alquran Utsmani yang rencananya ditujukan untuk keponakannya yang merupakan seorang warga binaan berinisial MAT," kata Imam.

Kitab berwarna dominan merah muda itu dinilai petugas cukup mencurigakan karena pada bagian punggung Mushaf Alquran itu terlihat menonjol, pembatas sampul terlihat tidak rapi, dan ada semacam gundukan di bagian punggung Mushaf Alquran tersebut.

Merasa curiga, maka petugas membongkar jilidan kitab untuk dilakukan pembuktian yang dipimpin Kalapas Ardian Nova Christiawan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan