Pilkada Barru: Andi Ina Srikandi Golkar, Hasnah Syam dari Nasdem, Siapa Jago?

  • Bagikan
Andi Ina dan Hasnah Syam

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dua figur perempuan diprediksi bakal mewarnai perhelatan pilkada Barru 2024 mendatang. Dua figur itu adalah Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari serta Anggota DPR RI Hasnah Syam.

Dua figur ini bahkan menjadi simbol pertarungan dua partai terbaik di Sulsel.

Ina tampil sebagai srikandi partai berlambang pohon beringin rindang yakni Golkar. Sementara Hasnah adalah jagoan partai besutan Surya Paloh, Partai Nasdem.

Direktur Pemenangan Paramater Publik Indonesia (PPI), Andi Taufiq Aris (ATA) menilai eksistensi dua figur perempuan itu di kancah pilkada Barru menjadi sangat menarik dan layak dinanti.

"Keduanya memiliki kelayakan dan kemampuan yang sangat layak diperhitungkan. Keduanya di-backup parpol besar dengan status saat ini yang sangat mentereng," kata ATA kepada wartawan, Sabtu, 27 Mei 2023.

ATA menyebut, status Ina sebagai Ketua DPRD Sulsel, menjadi nilai plus karena lebih dekat dengan warga Sulsel sesuai tupoksinya.

"Karena bertugas di Sulsel, wajar jika intensitas Ina bertemu dan menyapa warga Barru lebih tinggi. Tapi penting diingat, Hasnah meski bertugas di Jakarta, tapi suaminya adalah orang nomor satu Barru saat ini, Suardi Saleh," sambung pengamat politik ini.

ATA menyebut, siapa yang bakal unggul di antaranya keduanya banyak dipengaruhi strategi yang akan digunakan keduanya menatap pilkada Barru mendatang.

"Secara geopolitik, basis elektoral keduanya sama-sama dari Utara Barru meliputi Kecamatan Balusu, Soppeng Riaja dan Kecamatan Mallusetasi. Merujuk itu, hampir dipastikan keduanya membutuhkan wakil dari Kota Barru, atau dari wilayah meliputi Kecamatan Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting," katanya lagi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan