Kementerian PUPR Sebut Pembangunan Terowongan Bawah Laut di IKN Nusantara Dimulai 2024, Hubungkan Kota Balikpapan-IKN Nusantara

  • Bagikan
Ilustrasi pekerjaan konstruksi di kawasan KIPP IKN Nusantara. (M Risyal Hidayat/Antara)

Untuk sementara, lanjut dia, pembiayaan pembangunan immersed tunnel menggunakan APBN. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa menggunakan skema KPBU.

Kementerian PUPR mengadopsi teknologi immersed tunnel yang akan menyeberangi Teluk Balikpapan di IKN Nusantara. Pembangunan immersed tunnel sesuai dengan konsep forest city yang diusung IKN Nusantara. Kementerian PUPR saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk mendapatkan rute alternatif terbaik bagi immersed tunnel.

Pemerintah ingin melindungi bekantan, fauna dan flora endemik lain di sekitar Teluk Balikpapan. Untuk itu Kementerian PUPR tidak akan membangun jembatan yang secara fisik mengubah morfologi lingkungan, melainkan mencoba untuk membangun immersed tunnel seperti di Geoje, Busan, Korea Selatan.

Contoh penerapan teknologi immersed tunnel itu sudah diimplementasikan di banyak negara seperti terowongan Fehmarn di Eropa dan Geoje, Busan, di Korea Selatan. Teknologi immersed tunnel merupakan metode yang umumnya digunakan untuk menggantikan jembatan yang melalui wilayah perairan yang lebar. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan