- Target Pasar
Faktor target pasar sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kuliner selanjutnya. Jika ingin membuka cafe atau restoran mewah misalnya, maka pilihlah lokasi yang masyarakatnya didominasi oleh kalangan menengah ke atas.
Namun, jika kamu berencana membuka bisnis kuliner skala kecil seperti warung bakso, cafe simple ataupun kedai jajanan populer, tak ada salahnya memilih lokasi seperti area sekolah, kos-kosan maupun pemukiman warga lokal.
- Akses Parkir Kendaraan
Kebanyakan konsumen kerap kali mengeluhkan akses parkir kendaraan saat berada di sebuah tempat makan. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah keberadaan akses parkir kendaraan saat membuka cabang baru pada lokasi bisnis kuliner.
Terlebih jika target pasar yang kamu sasar adalah konsumen menengah ke atas, maka sudah pasti kamu wajib menghadirkan lahan parkir untuk kendaraan mereka. Keberadaan lahan parkir juga tentu akan meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung.
Sebab, mereka bisa menikmati makanan tanpa perlu merasa was-was dengan keamanan kendaraan mereka. Perlu kamu tahu, banyak tempat makan harus kehilangan calon pelanggan karena tidak adanya akses parkir untuk para konsumen.
Tak menutup kemungkinan konsumen tersebut akan lebih memilih tempat lain yang menawarkan parkiran yang lebih luas dan juga aman.
- Budget atau Modal Awal
Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama bahwa lokasi strategis umumnya membutuhkan modal yang cukup besar. Jadi, ada baiknya untuk benar-benar mengatur kondisi keuangan bisnismu jika memang ingin membuka cabang kuliner baru di tempat yang lebih strategis.