Cak Imin Cawapres Anies, Pengamat Politik Bilang Tak Hanya Ubah Peta Koalisi, Tapi Mengubah Figur Cawapres yang Sudah Lama Antre

  • Bagikan
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kiri) didampingi Sekjen Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) menyambut kedatangan pasangan bacapres Anies Baswedan (kedua kanan) dan bacawapres Muhaimin Iskandar (kedua kiri) di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (12/9/2023) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

FAJAR.CO.ID, KUPANG -- Pengamat politik yang juga mengajar ilmu politik pada Universitas Muhammadiyah Kupang Dr. Ahmad Atang, MSi mengatakan setelah Surya Paloh menetapkan Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya Anies Baswedan, maka tidak saja mengubah peta koalisi tapi juga mengubah figur cawapres yang sudah lama antre.

"Kondisi ini memunculkan posisi dilematis pada calon presiden Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto," kata Ahmad Atang di Kupang, Jumat terkait peta politik koalisi dan figur calon wakil presiden.

Dia mengatakan di koalisi PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo, beberapa nama sudah mulai hilang seperti Erick Thohir dan Sandiaga Uno yang diusung PPP, sementara yang mencuat justru Ridwan Kamil dan Mahfud MD.

Secara psikologis politis, kata dia, Ridwan Kamil mengalami tekanan di struktur Partai Golkar yang tidak berkoalisi dengan PDIP tetapi dengan Gerindra.

Ketika Ridwan Kamil harus memilih menjadi cawapresnya Ganjar Pranowo maka akan berseberangan dengan Golkar.

Namun hadirnya Ridwan Kamil menjadi cawapresnya Ganjar Pranowo justru akan memberikan keuntungan elektoral, karena sebagai mantan gubernur Jawa Barat.

"Fenomena Ridwan Kamil menjadi pengganggu kuat bagi Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, di internal PDIP saat ini juga muncul nama Mahfud MD. Sebagai orang NU dari Jawa Timur, masuknya nama Mahfud MD menjadi pengganggu Muhaimin Iskandar karena keduanya memiliki basis yang sama, namun secara politik, Mahfud MD non partisan sehingga infrastruktur partai tidak mendukung.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan