Minum Kopi dapat Menurunkan Resiko Kematian, Begini Penjelasannya

  • Bagikan
Ilustrasi Kopi Hitam

FAJAR.CO.ID -- Kopi memang menjadi minuman yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, tentunya kopi memiliki efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagi penderita mag, kopi bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Hal ini karena kopi memiliki kandungan psikoaktif.

Lalu, berbahayakah zat psikoaktif dalam kopi ini?

dr Decsa spPD memaparkan sebuah studi bagi orang-orang yang suka mengonsumsi kopi.

Dalam penelitian ini disebutkan bahwa konsumsi kopi sebenarnya baik. Namun, dengan catatan harus mengurangi gula atau bahkan tidak memakai gula sama sekali.

Penelitian ini ternyata berhubungan erat dengan angka kematian disebut lebih rendah 30 persen bagi orang yang konsumsi kopi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

"Ada sebuah studi menarik nih teman teman bagi yang suka kopi hasil penelitian tersebut jika konsumsi kopi baik yang dengam sedikit gula atau tidak pakai gula sama sekali," kata dr Decsa dikutip dari TikTok pada Rabu (20/9/2023).

"Ternyata berhubungan dengan angka kematian yang lebih rendah sebesar 30%di bandingkan dengan yang tidak minum kopi," sambungnya.

Selain itu, dalam penelitian tersebut kopi juga dapat mengurangi resiko adanya penyakit jantung serta kematian.

"Pada penelitian lain kopi juga mengurangi resiko penyakit jantung dan kematian," pungkasnya. (Elva/Fajar).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan