FAJAR.CO.ID— Menurut survey yang dilakukan oleh Meltwater di 2023, dari penduduk Indonesia yang aktif di internet, menghabiskan total 7 jam 42 menit menggunakan internet, dimana 3 jam 18 menit dihabiskan di media sosial.
Tak heran, media sosial pun telah menjadi tools yang krusial memberikan sumber informasi utama bagi sebuah bisnis untuk berinteraksi langsung dengan audiens-nya.
Pergeseran perilaku audiens ketika mencari suatu produk atau jada, ke arah online sudah semakin menyeluruh. Sebagian orang tetap mengandalkan halaman pencarian di Google. Namun tidak sedikit yang menggunakan fitur search di aplikasi media sosial, baik untuk mencari informasi yang lebih detail, atau mencari review sebelum akhirnya membuat keputusan untuk membeli suatu barang atau jasa..
Pendekatan Holistik yang dilakukan Social Media Agency.
Untuk mengelola akun sosial media sebuah brand, social media agency tidak hanya memposting berita dan gambaryang didesign ke platform media sosial. Agensi yang berkualitas akan mengadopsi pendekatan holistik terhadap strategi pemasaran online masing-masing bisnis yang pastinyaberbeda-beda. Mulai dari pemahaman yang mendalam tentang industri klien, identifikasi target audiens yang tepat, preferensi audiens dan merancang kampanye yang sesuai dengan tujuan bisnis klien.
Membangun identitas online di semua platform sosial media yang sedang tren, akan menguntungkan sebuah bisnis. Namuntipe konten yang diposting di masing-masing plaform sebaiknya dibedakan.
Strategi yang berbeda untuk masing-masing tipe bisnis.
Dalam mengaplikasikan strategi internet marketing, selalu dibedakan untuk tipe bisnis, bahkan unik untuk masing-masing brand.
Mari kita asumsikan sebuah institusi keuangan yang biasanya hanya menggunakan platform LinkedIn, Instagram dan Facebook untuk membangun citra perusahaan, berinteraksi dengan audiensnya dengan memposting konten seperti performa perusahaan, employer branding, dan konten edukasi dalam bentuk kombinasi carousel dan video.
Di platform Twitter, sebaiknya menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda, yaitu gaya berkomunikasi yang direct.
Di Tiktok, bisa dimanfaatkan oleh institusi keuangan untukmenarik perhatian audiens gen Z dan milenial yang bertujuan untuk pencarian talenta untuk kebutuhan divisi HR.
Sedangkan untuk menggunakan jasa influencer, sebaiknya lebih berhati-hati karena jejak digital influencer mempengaruhi tingkat kepercayaan audiens terhadap institusi tersebut. Dimana faktor ini adalah yang terpenting bagi sebuah institusi keuangan.
Berbeda dengan industri jasa atau retail, selain memposting penjelasan yang sangat mendetail tentang produk dan jasa, ulasan pelanggan, edukasi dan promosi dan menjalankan iklan, juga sangat penting bekerjasama dengan influencer sebanyak mungkin, menggunakan kombinasi nano, mikro, makro dan mega yang mempunyai followers yang sesuai dengan target audiens brand tersebut.
Bagi industri real-estate, menggunakan visual yang berkualitas tinggi, baik foto maupun video. Sehingga dapat menarik audiens memiliki gambaran tentang lokasi, ambience, design exterior dan interior yang membantu mendapat gambaran yang lebih baik sebelum akhirnya memutuskan untuk melihat langsung ke lokasi.
Ketika melakukan iklan di media sosial, tentunya agensi yang tepat akan menargetkan ke audiens yang mempunyai tingkat konversi yang tinggi dengan mempertimbangkan lokasi calonpembeli dan harga dari produk tersebut. Sehingga akan meminimalkan pemborosan anggaran iklan dan meningkatkan peluang konversi.
Apapun platform media sosialnya, sangatlah penting memilih agensi yang dapat menjalankan social media management yang efektif yang memahami pasar lokal dan kreatif di tengahtren online yang selalu dinamis.
Riset yang mendalam tentang bisnis, produk dan perilaku konsimen akan menjadi fondasi yang kuat bagi strategi pemasaran yang berhasil dan membantu memberikan ide ketika menjalankan kampanye sosial media.
Berkonsultasi dengan salah satu dari social media agency terbaik di Jakarta: Stucel. Sebagai salah satu agensi yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam memfasilitasi berbagai industri dari real-estate, institusi keuangan, pemerintahan, BUMN, kesehatan, retail, makanan & minuman, dll meningkatkan brand awareness hingga berefekke peningkatan penjualan secara langsung.
Stucel selalu memberikan solusi efektif dalam mencapai kebutuhan perusahaan untuk memenangkan persaingan di internet.(*/fnn)