FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rombongan Managemen PT. Makassar Metro Network (MNN) berkunjung ke Ruang Direksi FAJAR, Graha Pena lantai 4 pada Selasa (24/10/2023).
Dalam kunjungan tersebut hadir Head of Corcomm & CSR PT Nusantara Infrastructure Indah Dirgahayu Putri Pertiwi, Direktur Utama PT Makassar Metro Network, Ismail Malliungan, Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi Empat, Real Chandra.
Selain itu, turut hadir tim Corcomm PT Nusantara Infrastructure & PT MMN - PT JTSE, Andriani Anggraini, Dhany Ramadhan, Achmad Syauki.
Head of Corcomm & CSR PT Nusantara Infrastructure Indah Dirgahayu Putri Pertiwi menyebut kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus menyampaikan sejumlah informasi terkait tol.
"Untuk silaturahmi, kalau nggak jenal gak sayang. Selain itu kita juga pengen update sedikit tol MMN," kata Indah.
Di tempat yang sama Direktur Utama PT Makassar Metro Network, Ismail Malliungan menyebutkan selama ini PT MMN telah mengoperasikan kurang lebih 22 km tol.
Selain itu, turut dibangun jalan akses tol Makassar New Port (MNP). Dia menyebutkan pengerjaan tol tersebut telah mencapai 98 persen.
"Selama ini mengoperasikan jalan tol kurang lebih 22 kilo. Kita sedang proses penyelesaian jalan akses tol MNP. (Pengerjaan) sudah 98 persen. Mohon doa semoga bisa diresmikan dengan pelabuhannya agar selesai dengan baik," jelasnya.
Ismail juga memperkenalkan Program Tol Vaganza. Program ini adalah suatu bentuk royalti bagi para pengguna tol di Makasssar.
Lebih lanjut dia menjelaskan Program Tol Vaganza ini diadakan setiap pekan. Setiap pekannya pihak tol akan berbagi emas 3 gram.
"Program tol vaganza, sebagai bentuk royalti pengguna jalan tol di Makassar. Setiap minggu kita bagi 3 gram emas," ungkapnya.
Meski demikian, tidak bisa dipungkiri kata Ismail jika banyak suara-suara sumbang terkait program ini. Banyak pula masyarakat yang belum mengenal program ini.
"Ini bisa tersosialiasai dengan baik, meski banyak suara sumbang," sambungnya.
Dia juga menambahkan jika saat ini masih banyak hal yang perlu dipahamkan kepada masyarakat. Termasuk kartu e-tol yang masih sering disalahartikan.
Dalam artian masyarakat banyak yang menilai saat dilakukan isi ulang atau top up ke kartu e-tol, maka semua saldo akan masuk ke kas tol. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak terjadi.
"Banyak hal yang harus dipahamkan ke masyarakat," katanya.
Untuk lebih mempermudah masyarakat, hadir pula aplikasi yang bisa membantu customer. Customer bisa mengajukan pertanyaan dan akan mendapat feed back.
"Aplikasi kita yang berhubungan dengan customer. Aplikasi Tolkita. Ada feed back," pungkas Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi Empat, Real Chandra.
Sebagai informasi terjadi penyesuaian tarif tol sempat terjadi pada 29 September 2023 kemarin. Hal ini berdasarkan regulasi perjanjian dengan pemerintah.
"Penyesuaian tarif tol sesuai regulasi perjanjian dengan pemerintah 29 September kemarin," tutupnya. (Elva/Fajar).