Gerakan BDS Cuma Sasar Produk Tertentu, Husin Shihab: Dagelan Kompetitor Ini Mah!

  • Bagikan
Husin Alwi Shihab

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi Shihab menyoroti gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) yang saat ini tengah marak dilakukan masyarakat terhadap produk-produk yang berafiliasi dengan Israel.

Gerakan BDS dilakukan untuk memberikan tekanan ekonomi kepada Israel agar memberikan hak setara kepada Palestina.

Husin Shihab mengaku heran boikot produk hanya dilakukan untuk beberapa brand dan perusahaan. Sementara ada produk lainnya yang mencoba melakukan pembelaan, seolah-olah produk lokal.

"Kok bisa cuma AQUA doang yang diboikot, Le Minerale nggak? Dagelan kompetitor ini mah!," tulis Husin Shihab dikutip Fajar.co.id di akun X miliknya yang bercentang biru, Senin (13/11/2023).

Diketahui, semula produk-produk Israel yang sudah lama dikenal seperti McDonald, KFC, Starbuck dan Aqua serta berbagai produk Danone dan Unilever langsung mendapatkan dampaknya.

Namun belakangan publik mengetahui bahwa air mineral dalam kemasan (AMDK) Le Minerale diduga merupakan produk yang ikut beroperasi di Israel.

Le Minerale merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Mayora. Perusahaan sama yang memproduksi Kopiko.

Sebelumnya diketahui, Le Minerale merupakan air minum yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya anak perusahaan dari Mayora Indah dengan pabrik di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal itu terlihat dari website PT Mayora sebagai induk perusahaan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale. Menukil laman www.mayora.com/en/about-us/international-operations pada Jumat (10/11/2023) dituliskan bahwa perusahaan beroperasi secara internasional di 90 negara termasuk Israel.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan