FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Isu boikot produk pro Israel masih jadi bahasan di tengah invasi Israel ke jalur Gaza. Boikot produk ini ikut menyeret dua produsen Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK), Le Minerale dan Aqua.
Podcaster Dery Kasisolusi atau Deryansha Azhary ikut menyoroti cara marketing di tengah isu boikot produk ini.
"Perangnya antara Le Minerale sama Aqua begini. Perangnya bukan produk, tapi perilaku, emosional," kata Dery di akun TikTok @dersyanshaa dikutip Fajar.co.id, Jumat (29/12/2023).
Menurutnya, saat ini perang opini tak lagi menyasar pada persaingan harga, kualitas produk hingga promo. Tapi lebih kepada bagaimana cara mempengaruhi pandangan konsumen terhadap suatu produk.
"Perangnya mereka sekarang di luar sana bukan lagi ngomong produk tapi perilaku konsumen. Misalnya nih,a da yang menggiring opini Le Minerale pro Israel. Geleng-geleng deh, perannya udah begini," jelasnya.
Deryansha Azhary mengungkapkan saat ini perang opini antara produsen justru ada yang mengarah ke fitnah.
"Kita jujuran aja yah. Ada fitnah di sini, ada yang bela-belain dia menyasar perangi produk tertentu. Brand tertentu dengan cara membongkar suatu gerakan. Bukan lagi target market, tapi masuknya ke target behavior," ungkapnya.
Dia membandingkan produk Le Minerale dari Mayora dan Aqua dari Danone. Kedua produk ini jelas beda, satu murni produk lokal dan satu lagi dari perusahaan mancanegara atau asing.
Tak hanya itu, perang antara Aqua dan Le Minerale juga dimanfaatkan kompetitor lainnya yang seolah-olah ingin memberi solusi terbaik.