FAJAR.CO.ID -- Generasi Z alias Gen Z disebut kecanduan terhadap zodiak. Bahkan, tidak sedikit Generasi Z atau Gen Z yang dipengaruhi konten astrologi atau horoskop dalam membuat keputusan besar dalam hidupnya.
Harper's Bazaar juga memberi perhatian cukup besar pada tren baru di kalangan Gen Z ini. Dalam catatan majalah terkemuka tersebut, Generasi Z telah memandang astrologi sebagai industri miliaran.
Bahkan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 43 persen dari Gen Z memanfaatkan konten astrologi dalam membuat keputusan besar. Satu dari tiga setuju bahwa 'dalam waktu ini mereka beralih ke astrologi untuk memahami hal-hal.’
Melansir Jawapos, MTV juga telah melakukan penelitian dengan melakukan survei pada 1000 responden berusia 14-29 tahun. Hasilnya adalah 87 persen peserta survei mengetahui tanda zodiak masing-masing.
Dari 1.000 responden tersebut, sekitar 75 persen di antaranya memercayai bahwa astrologi bekerja. Sekitar 65 persen responden juga secara teratur memeriksa horoskop mereka.
Merespons keingintahuan para Gen Z terhadap zodiak atau horoskop, sejumlah postingan di media sosial juga telah mempersonalisasi konten astrologi untuk Gen Z.
Mereka menikmati ulasan dari konten yang sedang membahas tanda zodiak masing-masing atau orang-orang yang kepribadian mereka sesuai dengan prediksi astro.
Mengapa kalangan Gen Z menikmati konten astrologi ini? Jawabannya karena konten astrologi tersebut memberikan petunjuk dan koneksi yang mereka cari.
Melalui petunjuk tersebut, konten astrologi telah memberikan navigasi terhadap keraguan dan cara untuk memahami diri sendiri, orang lain, maupun dunia sekitarnya.