Puspenpol Sebut 02 Dominasi TikTok Pasca Debat, Prabu Revolusi: Prabowo-Gibran Konsisten Mendominasi

  • Bagikan
Prabowo - Gibran saat menghadiri Paku Integritas Capres-Cawapres dan KPK, di Jakarta, Kamis (17/1/2024).

Menurut Prabu Revolusi, seorang praktisi media baru, analisis terkini menunjukkan dominasi kuat pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, di platform media sosial TikTok dalam konteks Pemilihan Presiden Indonesia 2024.

Dari data yang dianalisis, Prabowo dan Gibran tetap konsisten memimpin baik dalam volume percakapan maupun jangkauan, dengan Prabowo mencapai hingga 22.4 miliar penayangan dan Gibran 12.7 miliar, menunjukkan keterlibatan signifikan dibandingkan dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Prabowo tidak hanya unggul dalam jumlah mention namun juga dalam sentimen positif, mencerminkan penerimaan yang baik dari publik, sekaligus memiliki jumlah sentimen negatif terendah. Ini menandakan keberhasilan tim Prabowo-Gibran dalam mempertahankan posisi dominan mereka di TikTok, yang dipilih sebagai platform utama dalam menyebarkan pesan kampanye dibandingkan dengan Twitter atau X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

“Demikian dari sisi mention, bisa dikatakan Prabowo itu mengumpuli jauh mention lebih dari Anies Baswedan ataupun juga Ganjar Pranowo. Prabowo nomor 1, Anies Baswedan nomor 2, Ganjar Pranowo nomor 3. Berikutnya juga dari sisi positif mentions, yaitu sentimen. Sentimen Prabowo juga paling tinggi secara positif. Kemudian juga negatifnya paling rendah, data lengkapnya juga bisa terlihat.” ujar Prabu Revolusi Jakarta,(06/02/2024)

Prabu Revolusi menggarisbawahi alasan strategis di balik pilihan TikTok sebagai medan utama kampanye oleh Prabowo-Gibran, mengacu pada data dari Hootsuite dan We Are Social yang menunjukkan TikTok sebagai platform media sosial terbesar saat ini yang berpengaruh terhadap keputusan politik.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan