BPKN dan Kemenkominfo Siap Monitor Pembuat Konten Penyebar Hoax, Dorong Publik Tuntut ke Ranah Hukum

  • Bagikan
Ilustrasi - Seseorang memperlihatkan stiker antiberita hoaks. ANTARA/Ardika

Hampir bersamaan waktunya dengan tersebarnya Hoax, IG @sehataqua juga sigap pasang iklan dengan klaim: “produk Aqua aman dari Bromat”.

Faktanya, berdasarkan hasil telisikan data dari lab terakreditasi Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBIA), yang mencantumkan data Bromat milik PT Tirta Investama (Danone Aqua) dan PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale) hasilnya justru berbeda dari Hoax yang disebarkan. Hasil perbandingan data dari kedua perusahaan tersebut, jelas mencantumkan angka kandungan Bromat dalam air minum Aqua malah dua kali lipat lebih besar dari Le Minerale, yakni sebesar 0,8 parts per billion (ppb). Sementara, kandungan Bromat pada Le Minerale justru jauh di bawahnya, yaitu 0,4 ppb.

Agaknya, gara-gara itu pula, Kemenkominfo langsung melabeli video tersebut sebagai konten bohong dan memasang stempel Hoax di laman web kementerian tersebut. “(HOAKS) Kadar Bromat Produk Le Minerale di Atas Ambang Batas Sebabkan Tumor dan Kanker,” tulis Kemenkominfo, sebagai peringatan ke masyarakat luas untuk berhati-hati. (fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan