Bank Mandiri Regional X Siapkan Uang Tunai Rp2,5 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bank Mandiri menyiapkan uang tunai hingga Rp2,5 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri sejak 10 Maret hingga 8 April. Ketersedian uang tunai hingga Rp2,5 triliun untuk Masyarakat wilayah Sulawesi dan Maluku ini naik sebesar 5,29% dibanding realisasi tahun sebelumnya.

Regional CEO Bank Mandiri Region X/ Sulawesi & Maluku Atta Alva Wanggai mengatakan, penyediaan uang tunai hingga Rp2,5 triliun diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di Sulawesi dan Maluku yang diprediksi mencapai Rp 1,9 triliun selama periode tersebut.

 “Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalkan pengisian 690 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri di Sulawesi & Maluku yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Atta dalam keterangan resminya, Rabu (26/3).

Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan kanal pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat. Antara lain dengan ketersediaan 10.356 mesin EDC dan 262 ribu QRIS atau Livin Merchant.

Selain itu juga terdapat layanan Mandiri Agen yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri serta secara resmi terdaftar dan dapat melayani transaksi keuangan di Wilayah Sulawesi dan Maluku sejumlah 10.844.

“Mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap dapat memberikan layanan prima pada saat puncak transaksi, termasuk layanan BI-Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Sedangkan langkah preventive maintenance telah dilakukan pada 302 ATM/CRM yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi & Maluku, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Atta.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Atta menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Atta menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

"Tidak hanya itu, selama bulan Ramadan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025," papar Atta.

Adapun secara nasional, Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp31,6 Triliun pada 10 Maret – 8 April 2025 saat Ramadan menjelang Idul Fitri 1446 H. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik 5,9% dibanding realisasi tahun sebelumnya.

Bank Mandiri juga mengoptimalkan pengisian 12.905 unit ATM/CRM dan 246.000 mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia. (*)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan